Wednesday, February 6, 2013

SEKILAS TENTANG KHO PING HOO


http://xa.yimg.com/kq/groups/9459606/homepage/name/homepage.jpg?type=sn

Selama tiga puluh tahun, Kho Ping Hoo telah menulis lebih dari 120 judul cerita, dan ia adalah penulis cerita silat (cersil) paling terkenal di Indonesia. Dalam literatur fiksi silat Indonesia, khususnya yang bertema Tionghoa, Kho Ping Hoo memiliki kontribusi yang istimewa.

Asmaraman Sukowati Kho Ping Hoo lahir di Sragen, Jawa Tengah, pada 17 Agustus 1926. Meski banyak menulis cerita-cerita silat berlatar Tiongkok, namun ia tidak bisa membaca dan menulis dalam bahasa Mandarin. Ia memperoleh banyak inspirasi dari film-film silat Hong Kong dan Taiwan yang ditontonnya.

Meski banyak fakta sejarah dan letak tempat Tiongkok dalam ceritanya yang tidak sesuai dengan kenyataan, karya-karya Kho Ping Hoo memiliki arti penting di hati para pembacanya di Indonesia, terutama para keturunan Tionghoa yang dibesarkan di zaman rezim Soeharto. Pada waktu itu kebudayaan Tionghoa mendapat tekanan relatif keras di Indonesia, sehingga karya Kho Ping Hoo menjadi “sumber” yang langka untuk mengenal kebudayaan, sejarah, agama, bahkan moral Tionghoa, meski karya-karya itu hanya imajinasi Kho Ping Hoo.

Kho Ping Hoo meninggal pada 22 Juli 1994 karena serangan jantung, dalam usia 67 tahun.

No comments:

Post a Comment