Tuesday, December 4, 2012

SEJARAH IMLEK DI INDONESIA

Di kalender-kalender Indonesia, tanggal 23 Januari 2012 merupakan libur nasional, merupakan libur resmi pemerintah. Libur nasional ini adalah untuk Tahun Baru Imlek yang ditetapkan dengan Keputusan Presiden No. 19 tahun 2002 oleh Presiden Megawati Soekarnoputri, yang merupakan kelanjutan Keputusan Presiden No. 6 tahun 2000 oleh Presiden Gus Dur yang mencabut Instruksi Presiden No. 14 tahun 1967 tentang Agama, Kepercayaan, dan Adat Istiadat Cina.
Sejak 2002 Tahun Baru Imlek resmi menjadi hari libur nasional bersama dengan hari-hari besar lain yang sudah lebih dulu menjadi libur nasional. Selengkapnya di kalender-kalender tsb tertulis ?Tahun Baru Imlek 2563?. Tahun Kelinci segera berlalu, Tahun Naga Air datang menggantikannya.
Istilah atau penulisan ?Tahun Baru Imlek? hanya dikenal di Indonesia. Kata Imlek adalah bunyi dialek Hokkian yang berasal dari kata Yin Li (阴历, baca: IN LI) yang berarti ?penanggalan bulan? alias lunar calendar. Penanggalan China berdasarkan peredaran bulan di tata surya sehingga disebut dengan Yin Li. Sementara penanggalan yang kita kenal sekarang, dan dipakai luas seluruh dunia disebut dengan Yang Li (阳历) di dalam bahasa Mandarin, artinya adalah ?penanggalan matahari?.
Imlek dikenal juga dengan Nong Li (农历, bacanya: nung li), yang artinya ?penanggalan petani?, di mana hal ini bisa dimaklumi, sebagian besar orang jaman dulu adalah bertani. Para petani tsb mengandalkan kemampuan mereka membaca alam, pergerakan bintang, rasi bintang, bulan dan benda angkasa yang lain untuk bercocok tanam. Apalagi di China yang 4 musim, perhitungan tepat dan presisi harus handal untuk mendapatkan pangan yang cukup.
Perayaan Chinese New Year sebenarnya adalah perayaan menyambut musim semi yang disebut dengan Chun Jie (春节, baca: juen cie), yang artinya ?menyambut musim semi?. Musim semi disambut dengan sukacita karena musim dingin akan segera berlalu dan tibalah saat para petani untuk menanam lagi. Tanaman pangan terutama padi (China selatan) dan kebanyakan gandum (China utara) serta tanaman pertanian lainnya. Karena mengandalkan alam untuk kehidupan mereka, menyambut datangnya musim semi merupakan keharusan yang dirayakan dengan meriah.
Perayaan ini mulai dikenal di jaman Dinasti Xia (夏潮, sering ditulis Hsia juga, 2205 ? 1766 SM). Setelah dinasti Xia runtuh, penanggalan Imlek selalu berubah sesuai dengan kemauan dinasti yang berkuasa. Biasa diambil adalah waktu berdirinya dinasti tsb. Baru pada masa Dinasti Han (206 SM ? 220 M), penanggalan dari Dinasti Xia diresmikan sampai sekarang dan tahun kelahiran Khonghucu ditetapkan sebagai tahun pertama.
Namun saat ini di China sendiri penulisan tahun yang berdasarkan tahun kelahiran Khonghucu sudah tidak umum lagi. Misalnya Imlek tahun ini adalah tahun 2563, sudah tidak lazim lagi, tahun yang ditulis biasanya tahun 2012 saja.
Sementara itu, Taiwan juga memiliki standard penulisan tahun sendiri, yang dimulai dengan titik awal 1911 sebagai tahun nol, jadi tahun 2012 bisa jadi ditulis tahun 2001. Tahun 1911 adalah tahun berdirinya Republic of China setelah dinasti terakhir, yaitu Dinasti Qing runtuh. Sampai hari ini di Taiwan masih ada banyak yang menggunakan ?tahun ROC?.
Selain disebut Tahun Baru Imlek, banyak juga yang menyebutnya dengan Sincia, yang juga berasal dari dialek Hokkian, dari asal kata 新正 (pinyin: xin zheng, baca: sin ceng). Kata 新正 merupakan kependekan dari 新正月, ?bulan pertama yang baru?, merujuk pada penulisan ?bulan pertama? dalam penanggalan Imlek dituliskan 正月, dalam dialek Hokkian berbunyi Cia Gwe.

Ucapan Yang Salah Kaprah
Di media-media, baik cetak (koran, majalah, tabloid, dsb) dan elektronik mulai bernuansa merah sejak akhir minggu pertama Januari. Banyak penawaran diskon segala jenis barang, dari fashion, peralatan rumah tangga, elektronik, kendaraan dsb. Di sana sini terlihat ?Gong Xi Fat Choi?, ?Gong Xi Fat Chai?, ?Gong Xi Fa Choi?, ?Gong Xi Fa Cai?, ?Happy Chinese Year?, ?Year of the Dragon?, dsb. Sebagian besar ucapan di media adalah salah kaprah yang ngawur.
Ucapan 恭喜发财 (pinyin: gong xi fa cai, baca: kung si fa jai) secara harafiah berarti: ?semoga anda kaya?, ?wishing you a lot of fortune?. Entah sejak kapan ucapan ini populer di Indonesia. Ucapan Gong Xi Fa Cai lebih populer di Hong Kong yang diucapkan di sana Kung Hei Fat Choi, yang merupakan bunyi ?gong xi fa cai? dalam dialek Cantonese. Di Indonesia kemudian sepertinya latah jadilah salah kaprah tubruk sana sini menjadi: ?gong xi fat choi? atau ?gong xi fa choi?.
Lebih parahnya di salah satu koran nasional ada bank asing yang notabene dari akronim nama bank tsb merujuk ke ?Hong Kong? dan ?Shanghai?, namun menulisnya adalah ?gong xi fa choi?, yang merupakan kesalahan fatal. Sebenarnya untuk menghindari kesalahan penulisan yang fatal, lebih baik menulis aksara kanjinya, jelas pasti benar dan terhindar dari kesalahan yang tidak perlu.
Perhatikan saja, di mana-mana lebih banyak penulisan yang salah kaprah kacau balau. Di billboard, majalah, tabloid, kartu ucapan, koran-koran, televisi, dsb.
Ketika saya kecil tidak pernah terdengar ucapan ?gong xi fa cai? seperti beberapa tahun belakangan ini. Di masa itu, lebih sering terdengar ucapan: ?kionghi, kionghi? atau ?sin cun kiong hi? dan sesekali ?thiam hok, thiam siu?. Malahan di masa saya kecil, saya mengucapkannya: ?tionghi, tionghi?, karena belum paham dan hanya mendengar orangtua yang mengucapkannya di antara teman-teman mereka. (Kesalahan yang sama seperti lagu Garuda Pancasila, ?pribang-pribangsaku?, padahal seharusnya ?pribadi bangsaku?).
?Kionghi? (恭喜), ?sin cun kiong hi? (新春恭喜), ?thiam hok thiam siu? (添福添壽) semuanya berasal dari dialek Hokkian. Dialek Hokkian sendiri pengaruhnya paling kuat di Indonesia dibandingkan dialek-dialek dari tempat lain seperti Tiociu, Hakka (Khek), Hokcia, dsb. Mungkin lama-lama dirasa ucapan ?sin cun kiong hi? (happy spring festival) kurang pas di Indonesia dan negara-negara yang tidak ada empat musim, ucapannya bergeser menjadi ?gong xi fa cai?, atau mungkin tanpa disadari, bahwa standard dan ukuran sukses adalah materi, pelan-pelan ucapan ?gong xi fa cai? lebih disukai. Atau bisa jadi ?terdengar dan terlihat lebih keren? dibandingkan ?sin cun kiong hi?.
Sementara ?thiam hok, thiam siu? dulu saja waktu saya kecil seingat saya tidak begitu sering terdengar, apalagi sekarang. Terjemahan bebasnya kurang lebih berarti banyak keberuntungan dan panjang umur.
Ucapan yang paling sederhana sebenarnya 新年快乐 (pinyin: xin nian kuai le, baca: sin nien guai le) dan ini yang paling banyak terdengar di China, sering disingkat menjadi 新年好 (pinyin: xin nian hao, baca: sin nien hau), sesederhana ucapan: ?happy new year? atau ?selamat tahun baru?.

Yee sang
Tidak begitu jelas sejak kapan seremonial yee sang masuk ke Indonesia dan dalam kira-kira lima tahun belakangan semakin marak dilakukan dan masuk ke dalam rangkaian perayaan Tahun Baru Imlek di Indonesia. Yee sang besar kemungkinan adalah bunyi dialek Tiociu untuk yu sheng (鱼生), yang berarti ikan segar. Bunyi 鱼生 sama dengan bunyi 余升 ? arti masing-masing kata adalah ?remaining? dan ?increase?. Secara bebas bisa bermakna selalu ada kelebihan (rejeki) dan meningkatnya karir dan bisnis.
Ditengarai kebiasaan ini sudah ada di China sejak masa Dinasti Song atau bahkan lebih lama lagi dan cukup populer di daerah Selatan, lebih tepatnya di daerah Chaozhou dan Shantou dan makin menyebar. Kebiasaan ini akhirnya menjadi satu tradisi yang dilestarikan di daerah Guangzhou dan sekitarnya yang notabene mata pencaharian di masa lalu mayoritas nelayan. Yee sang dirayakan pada hari ketujuh Tahun Baru Imlek.



1 comment:

  1. Kepada seluruh MEMBER www.RAJASAKTI.com kami memberikan FREECHIP PROMO sampai dengan 750.000 TANPA DEPOSIT. (syarat dan ketentuan berlaku)

    www.RAJASAKTI.com adalah game poker online dengan uang asli di Asia, aman dan mudah seperti poker Facebook chips dapat diuangkan kapan saja.

    Sistem player versus player 100%, dan bisa menjadi bandar dalam permainan dengan sistem game tercepat dan terbaik.

    GAME RAJASAKTI (POKER, CEME, CAPSA SUSUN, CAPSA BANTING, REMI, QIUQIU)

    contact us at :
    WA: +855889908908
    SMS: +855889908908
    Line: CS_RAJA
    Wechat: CS_RAJA
    BBM: CS_RAJA
    Facebook : RAJA SAKTI
    Twitter : CSRAJASAKTI
    Instagram : CSRAJASAKTI

    info lebih lanjut contact ke kami. ditunggu ya bos-bos sekalian.

    #poker #rajasakti #pokeronline
    #onlinepoker #dominoonline #onlinedomino #judionline #judipoker
    #pokerjudi #cemeonline #onlineceme #capsaonline #onlinecapsa
    #capsasusun #capsa #ceme #domino #duit #uang #bandaronline
    #bandarceme #bandardomino

    ReplyDelete